Selasa, 03 Maret 2015

Puisi Corner

Aloha Bloggers!!!
Welcome to my blog :)

Okee guys, sekarang kita masih dengan tema puisi corner. Mungkin diantara kalian yang baru buka blog aku masih bingung apa itu puisi corner. Jadi, puisi corner adalah waktunya untuk nulis puisi ciptaan aku di bloggg...

Tema puisi kali ini adalah persahabatan. Intinya sih gini, ada seseorng dan dia punya geng sahabat gitu. Di puisi kali ini, dia ngungkapin perasaannya bahwa dia seneng banget ngeliat sahabat-sahabatnya akur lagi setelah sekian lama perang dingin melanda para sahabatnya itu yang disebabin suatu permasalahan gitu. Pas perang dingin, secara ga langsung, dia berperan sebagai tempat curhat antar sahabatnya padahal dia sendiri gatau permasalahannya apaan. Dia ngerasa sedih banget ngeliat gengnya ancur perlahan-lahan. Tapi, seiring berjalannya waktu para sahabat-sahabatnya itu akhirnya ngbrol lagi secara ga langsung. Dan itu ngebuat si dia tadi seneng banget ngeliat tali persahabatn geng dia terikat lagi, walaupun para sahabatnya ga menyadari arti mereka saling ngbrol lagi bagi mereka.

Ini adalah kisah dari seorang sahabat yang sangat tulus untuk sekuat tenaga menjaga tali persahabatan yang telah dibangun dengan tidak sebentar. Yap sangat tulus karena kondisinya dia gatau permasalahannya apa tapi dia tetep ngedengrin curhatannya para sahabatnya itu sampe akhirnya baikan dan dia bahagia walaupun dia biasanya diluarnya dan walaupun sahabat-sahabatnya itu ngerasa nothing happen.

Diam




Ada senyuman karena banyak kesenangan di raut muka ini 
Hal ini membalut raut hati yang sesungguhnya diam
Diam...tetapi tidak marah
Diam...tetapi tidak dengki
dan diam..., tetapi aku tidak murka

Aku rasakan mereka sekarang dalam bahagia
Aku rasakan mereka terpaut dalam canda tawa
Aku melihat kini mereka terikat seperti tali yang sebelumnya patah...

Mengalirlah air mata bahagiakuu...
Sungguh indah melihat mereka bahagia wlau aku hanya merasakan
Lalu ku pejamkan mata,...
Kini dengan tulus raut muka ini tersenyum dan hati ini berkata..
Mereka bahagia, aku juga bahagia..tetapi aku merasakannya dari kejauhan
dan aku juga bahagia walaupun diri ini sesungguhnya diam

Senin, 02 Maret 2015

Puisi Corner

Halo bloggers! How's life? I hope we have happy life :)

Saatnya kita puisi corner. Jadi puisi corner itu adalah waktu dimana mimin akan share puisi karangan mimin :)
Actually, aku suka banget bikin puisi dan ngebacainnya. Dulu, pas kelas 2 SMA aku pernah ditunjuk untuk ngisi acara pensi SMA aku, ya so pasti bacain puisi karangan aku. Itu pengalaman yang yaa lumayan lah buat pembuat puisi amatiran seperti aku hehe.

Puisi itu adalah curahan isi hati, pengalaman, atau fenomena yang ada di dalam kehidupan sang pembuatnya.
Buat aku sendiri puisi itu salah satu cara aku buat mengungkapkan isi hati aku. Yaaa gimana ga ngungkapin perasaan, gue sering banget kalo bikin puisi tuh sambil nangis, ketawa sendiri, marah sendiri, kesel sendiri hehe pokoknya seru abis deh buat puisi. Jadi, kalo kalian lagi galau daripada marah-marah banting piring mending di salurin dengan membuat puisi, lebih bermanfaat juga karena siapa tahu suatu saat nanti kamu dapet penghargaan dari puisi kamu yang jadi puisi paling galau se Indonesia raya hehe :D

Okee, here we goooo, puisi ciptaan aku... Semoga kalian suka yaaa :)

Waiting A Thousand Years
   Aku menunggumu di setiap detiknya waktu
      Di setiap menitnya waktu
      Dan di setiap perihnya waktu
      Kau tahu mengapa?
      Hanya ada satu alasan
          Menunggumu itu memang sulit
          Tetapi aku menyadari bahwa lebih sulit 
           mencintai seseorang dalam diam
           menyayangi seseorang dalam hubungan yang sederhana 
           dan merindukan seseorang di setiap dingin heningnya malam
      Kau...
      Kau lakukan itu semua untukku dulu 
      Maafkan aku jika pada saat itu aku belum menyadarinya 
      Tapi...
      Kini aku...
      Aku memulai mencintai, menyayangi, dan merindukan seperti yang kau lakukan untukku
      Terimakasih, kau telah melakukan untukku sampai sekarang dengan tidak menguranginya
      sedikitpun 
      Untuk itu aku masih menunggu.. 

Jakarta, 18 Juni 2012
-rringgilpratiwi-    

Minggu, 22 Februari 2015

HOLIDAY FUN

 
 
Welcome to beautiful beach..
It is my past trip to Yogyakarta (  one of city in Indonesia ) and i went to visit this beautiful beach in there which called Indrayanti beach. Indrayanti beach is one of amazing beach in Yogyakarta. It must be one of your destination when you visit Yogyakarta!!
The location of this beach is in Gunung Kidul. You can see green view while you pass the road trip for getting this beach. Perhaps the road trip was not just straight road and it could make your stomach shaking but it's ok don't worry :) .And then, you can see the clean water and sand in the beach so that it can make your mood up and it have paid because of the road trip. It will more fun if you go there with your friends, family, or boyfie :p

It's trully beautiful, guys!!! no joking :)
So, if you want to travel in Yogyakarta don't forget to visit this wonderful beach :) just don't miss it guyss or you'll be disappointed :p :)
Happy Travelling, Backpacker!
-rringgilpratiwi-

Selasa, 17 Februari 2015

 MEMBACA, THAT'S SO IMPORTANT FOR US

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Bagaimana kabar temen-temen sejagat rayaa, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT... Amin ya Robbal Alamin

Hai sobat, gue lagi suka banget sama yang namanya BACA.... actually gue lagi suka banget sama buku-buku motivator gituu, tapi gue selalu berusaha untuk baca buku tentang apapun. Sebenernya gue baru banget belajar untuk suka sama yang namanya BACA sih, karena dari dulu tuh gue jarang banget ga suka malah sama yang namanya baca buku, novel, komik, apapunlah itu. Padahal dulu ibu gue sering banget ngajak gue sama kk gue ke toko buku dan kk gue selalu nyuruh gue buat suka sama yang namanya baca sesuatu entah itu buku, novel, komik, majalah. Tapi ya gimana dong, belom dapet ilham buat suka sama baca hehe..

Yap gue emang baru banget suka yang namanya baca buku, rada telat sih sebenernya untuk seumuran gue baru nyentuh buku-buku. Tapi, ga ada kata TELAT atau MALU apalagi UDAH KEBURU MALES. Jujur gue bersyukur banget di usia gue yang udah bukan anak-anak lagi baru dapet ilham buat suka sama yang namanya baca buku. Actually gue baru nyadar sih manfaat kita suka baca buku itu apa..daaannnn ternyata manfaatnya banyak bangettt :)

Okee buat temen-temen yang belom dapet ilham juga buat baca buku hehe, gue akan jabarin sedikit alasan kenapa kita harus mencoba untuk suka sama yang namanya baca yang gue dapet dari baca bukunya Muhammad Assad judul Notes From Qatar 3 *ada hasilnya juga kan gue baca buku hehe :

1. Pertama, kenapa kita harus membaca?? membaca adalah cara terbaik dalam belajar, karena itu adalah kunci untuk mempelajari segala ilmu dari Sang Maha Memiliki Ilmu. Sebagaimana dalam lima ayat dari ayat-ayat Al-Quran yang turun pertama kali adalah tentang kewajiban untuk membaca
"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Maha Pemurah. Dia mengajarkan manusia dengan perantara kalam. Dia mengajarkan manusia apa-apa yang tidak diketahuinya." (QS. Al-'Alaq (96):1-5)

2. Kedua, jadi temen-temen yang dimaksud dari membaca itu bukan cuma baca buku, novel, komik, majalah, tabloid, artikel, jurnal, ataupun Al-Quran sendiri. Tapi disamping itu, membaca punya makna yang jauh lebih besar, yaitu contohnya 'membaca' alam semesta, 'membaca' tentang proses berlangsung kehidupan manusia, 'membaca' tingkah laku makhluk hidup, dan lain sebaginya. Intinya adalah membaca itu merupakan kunci untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan kita temen-temen.

3. Ketiga, dengan baca membaca kita jadi punya banyak teman atau koneksi. Loh kok bisa ya? Bisa dong :). Bukan ga mungkin membaca sama punya banyak temen punya hubungan. Karena gini, misalnya kita baru kenal sama orang dan orang itu adalah seorang pakar ekonomi. Nah kebetulan kita pernah baca-baca tentang berita terkini yang berkaitan dengan ekonomi. kan kita bisa bincang-bincang sama dia seputar ekonomi. Jadi intinya sih kita punya topik yang baguss dan ga garing untuk dibicarain dan untuk lebih deket juga sama dia hehe. Bisa juga nih buat cowok-cowok yang lagi deketin calon mertuanya supaya pas ketemu ga canggung, cari tau kerjaannya apa trus baca-baca deh seputar profesinya kan jadi nyambung hehehe.

Hemm biarpun cuma 3 biji intinya yang gue share tapi semoga bisa mewakili yaa teman-teman hehehe daan semoga berguna dan bermanfaaat buat para visitors untuk dapet ilham suka sama membaca hehehe:). Biarpun baru suka baca, ga ada kata TELAT yaaa temen-temen dalam kamus manapun hehehe.

Sekian dulu dari mimin guysss, oiya mohon maap yaa kalo ada kata-kata yang kurang berkenan dihati hihi :D

DAFTAR PUSTAKA

Assad, Muhammad. 2014. Notes From Qatar 3 Do, Dream, Deliever. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo

Selasa, 14 Oktober 2014

Asal Mula Nama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia







          Kabupaten Banyumas adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan Ibukotanya adalah Purwokerto. 

Kabupaten Banyumas merupakan bagian dari wilayah budaya banyumasan, yang berkembang di bagian barat Jawa Tengah. Bahasa yang dituturkan adalah bahasa banyumasan, yakni salah satu dialek bahasa jawa yang cukup berbeda dengan dialek standar bahasa Jawa ("dialek Mataraman"). Masyarakat dari bahasa dan daerah lain kerap menjuluki "bahasa ngapak" karena ciri khas bunyi /k/ yang dibaca penuh pada akhir kata (berbeda dengan dialek Mataraman yang dibaca sebagai glottal stop).

- Kebudayaan Banyumas 



- Wisata Alam di Banyumas



* Tempat Awal Pemerintahan dan Nama Banyumas.
          menurut penelitian, hutan Mangli dareha Kejawar sebagai tempat pertama dibangunnya pusat pemerintahan Adipati Wargi Oetomo II (Djoko Kahiman/Adipati Mrapat) setelah meninggalkan wirasaba. Pada suatu hari ia menerima wisik untuk pergi ke tempat tumbuhnya pohon Tembaga. Di hutan Mangli inilah diketemukan pohon Tembaga yang dimaksud, yaitu di sebelah Timur pertemuan sungai Pasinggangan dan sungai Banyumas. Kemudian, dibangunlah pemerintahan dengan dibiayai oleh Kiai Mranggi Semu di Kejawar.
          ketika sibuk-sibuknya membangun pemerintahan itu, ada sebatang kayu besar hanyut di sungai Serayu. Pohon tersebut namanya adalah Pohon Kayu Mas yang setelah diteliti berasal dari Desa Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Anehnya kayu tersebut terhenti di Sungai Serayu dekat lokasi pusat pemerintahan. Adipati Marapat tersentuh hatinya kemudian berkenan untuk mengambil Kayu Mas untuk dijadikan Saka Guru. Oleh karena itu, namanya adalah Kayu Mas dan hanyut terbawa air (banyu), maka pusat pemerintahan yang dibangun diberi nama BANYUMAS (perpaduan antara air (banyu) dan kayu (mas))

* Riwayat Singkat Raden Djoko Kahiman (Adipati Mrapat)
          Beliau adalah putra dari Raden Harjo yang sejak kecil diasuh oleh Kiai dan Njai Manggi. Setelah Raden Kahiman dewasa, beliau mengabdi pada Kiai Adipati Wirasaba (ADipati Wargo Oetomo I) dan setelah itu Raden Kahiman dijadikan menantu yang menikahi anak putri sulung Adipati Wirasaba yang bernama Rara Kartimah.
          Suatu hari Adipati Wirasaba mendapat titah Sultan agar mempersembahkan putrinya untuk dijadikan garwa ampean dan beliau mempersembahkan putri bungsunya, Rara Soekartijah yang pada masa kecilnya pernah dijodohkan dengan Ageng Torejeka, namun setelah dewasa Rara Soekartijah menolaknya. Rasa sakit pun dirasakan oleh Ageng Torejeka. Kemudian, ia membuat fitnah yang menyebabkan murka Sultan Panjang dan menuruh gandek untuk membunuh Adipati Wirasaba dalam perjalanan pulang tanpa meneliti fitnah tersebut. Setelah diteliti oleh Sultan Panjang, beliau baru menyesal yang kemudian beliau menyuruh gandek lain untuk menyusul gandek yang terdahulu untuk membatalkan rencana tersebut yang ingin membunuh Adipati Wirasaba, namun semuanya sudah terlambat. Penyeselan Sultan Panjang kemudian memerintahkan memanggil putra Adipati Wirasaba untuk menghadapnya, namun tidak ada yang berani menghadapnya karena beranggapan akan dibunuh juga seperti yang dilakukan kepada ayah mereka. Akhirnya dengan jiwa heroik dan patriotismenya, Adipati Mrapat memenuhi panggilan tersebut. Di luar dugaan Adipati Marapatmalah diangkat menjadi Adipati Wirasaba VII dengan gelar Adipati Wargo Oetomo II untuk menggantikan Adipati Oetomo I yang telah wafat karena kesalahpahaman. Selain itu, Sultan Panjang memberikan segala kebijaksanaan Kadipaten Wirasaba kepada Wargo Oetomo II.
           Dengan kebesaran jiwa Adipati Wargo Oetomo II tidak ingin mementingkan dirinya sendiri karena beliau juga sadar diri bahwa dirinya hanyalah seorang menantu bukan anak kandungnya Adipati Wargo Oetomo II. Oleh karena itu, ia membagi daerah Wiarasaba menjadi 4 bagian, yaitu:

  1.    Banjar Pertambakan diberikan kepada Kjai Ngabehi Wirojedo
  2.    Merden diberikan kepada Kjai Ngabehi Wirokoesomo
  3.    Wirasaba diberikan kepada Kjai Ngabehi Wargowidjojo
  4.    Sedangkan beliau merelakan kembali ke Kejawar dengan maksud mulai membangun pusat        pemerintahan yang baru
Letak Nilai-Nilai Pancasila dalam Cerita Asal-Usul Nama Kabupaten Banyumas
  1. Ketuhanan yang Maha Esa, dibuktikan ketika Adipati Wirasaba II menerima wisik untuk pergi ke tempat tumbuhanya pohon , beliau memenuhi perasaan tersebut. Suatu kepercayaan yang di yakini oleh Adipati Wirasaba bahwa da suatu kekuatan di luar kekuatan manusia. 
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Rasa penyesalan Sultan Panjang yang telah membunuh Adipati Wirasaba I dan sebagai rasa penyeselannya beliau memberikan semua wilayah Wirasaba kepada Raden Kahiman, tetapi beliau tidak serakah yang akhirnya membagi kepada ketiga saudaranya yang lain. 
  3. Persatuan Indonesia, Keadilan yang ditunjukkan oleh Adipati Marapat dengan membagi wilayah ke anak-anak Adipati Wirasaba merupakan sebagai salah satu bentuk menjaga persatuan keluarga dan rakyatnya dari kerusuhan. 
  4. Kerayaktan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, Adipati Marapat membagi daerah Wirasaba dengan mengadakan musyawarah terlebih dahulu dengan saudara-saudaranyaagar tercapai hasil yang mufakat untuk semuanya. Nilai lainnya yang dapat diambil adalah Adipati Marapat adalah seorang yang bijaksana dan tidak serakah karena itu ia memilih daerah Kejawar yang dahlunya merupakan daerah yang pernah ia bangun. 
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Perilaku Adipati Wirasaba membagi wilayah kepada saudara-saudaranya yang lain agar tidak ada rasa iri diantara mereka.   
 

RRIP LAND Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang